Thursday, May 5, 2016

10 Tempat Wisata di Pekalongan Yang Wajib Dikunjungi

Informasi Wisata Indonesia kali ini akan berbagi kepada Anda semua khususnya para pengunjung setia blog ini dan umumnya para pencari informasi wisata murah Indonesia. Berbicara Pekalongan tentu saja tidak lepas dari kata batik, namun selain batik ternyata Pekalongan memiliki beragam destinasi wisata, apa saja objek wisata yang ada di Pekalongan Jawa Tengah? mari disimak terus artikelnya ya.

Wisata Pekalongan dan sekitarnya saat ini telah terkenal ke banyak telinga para wisatawan lokal, di era modern ini informasi digital sangat cepat di dapat terutama informasi wisata kota Pekalongan Jawa Tengah. Setiap para pemudik yang menuju kota kelahirannya seperti daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur sering kali menyempatkan diri untuk singgah sebentar di kota Pekalongan sekedar melepas lelah dan menikmati berbagai wisata yang tersedia seperti wisata kuliner, wisata religi, wisata alam, wisata pantai, durian lolong, wisata budaya dan sejarah, bahkan hanya sekedar mencari oleh-oleh sekaligus menikmati wisata belanja batik grosir setono, world batik center dan sekitarnya.

Kota Pekalongan merupakan sebuah kota pusat pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah yang memiliki perbatasan dengan kabupaten Batang. Kota yang memiliki 4 kecamatan ini berada di jalur pantura Jakarta-Semarang-Surabaya ini memilik jarak kurang lebih 101 km dari sebelah barat kota Semarang, dan sebelah timur Jakarta 384 km. Kota yang sudah sangat terkenal dengan industri kreatif nya ini telah tercatat oleh UNESCO dalam kategori craft & folk art dan memiliki sebuah branding World's City Batik. [Wikipedia]. Baiklah berikut ini adalah inti artikel yang akan kami begikan, yaitu tempat wisata Pekalongan Jateng dan sekitarnya.

10 Tempat Wisata Pekalongan Yang Wajib Dikunjungi


10. Kebun Teh Pagilaran

Tempat Wisata Pekalongan Kebun Teh Pagilaran

Destinasi wisata alam saat ini semakin banyak digemari, pasalnya kebanyakan orang sibuk bekerja pada weekday sehingga saat weekend atau masa liburan tiba maka objek wisata alamlah yang sering menjadi tujuan utama. Karena dengan suasana alam yang sejuk, asri dan hening membuat jiwa menjadi tenang dan pikiran pusing akan terobati 

Kebun teh Pagilaran adalah salah satu tempat wisata yang ada di Pekalongan Jawa Tengah, sepertinya tempat ini sudah tidak asing lagi bagi para penduduk kota dan kabupaten serta sekitarnya. Namun bagi pendatang atau penghuni baru tentu saja informasi tentang wisata Kebun teh Pagilaran menjadi nilai tambah sendiri tentunya bagi yang membutuhkan tujuan wisata akhir pekan.

Kebun Teh Pagilaran merupakan objek wisata alam Pekalongan yang cukup eksotik. Keindahan alam yang tercipta dari luasnya hamparan pepohonan teh membuat suasana menjadi sangat sejuk. Namun seiring perkembangan jaman kini selain dapat menikmati indahnya susana hijau pepohonan teh Anda dapat juga bermain-main dengan anak dengan menyewa arena permainan yang tersedia seperti kolam renang, flying fox, serta koleksi binatang.

Untuk yang tempat tinggalnya jauh atau memang sengaja ingin menginap di area ini tersedia juga tempat penginapan. Baca juga: daftar hotel di kota Pekalongan. Uniknya tempat wisata Pagilaran, Anda dapat menyaksikan proses pengolahan teh dari mulai memetik hingga pengolahannya di sebuah pabrik tua yang ada disana. Anda akan dikenakan biaya tikek masuk sebesar Rp 5,000 untuk setiap orangnya.


9. Desa Wisata Lolong - Surga Wisata Alam dan Festival Durian

Tempat Wisata Pekalongan Desa Wisata Lolong - Surga Wisata Alam dan Festival Durian

Ingin menikmati sampai puas enaknya durian silahkan berkunjung ke Desa Lolong Pekalongan. Setiap tahun pemerintah kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah rutin mengadakan festival durian di Desa Lolong. Harga tiket masuk diperkirakan pada festival terakhir kemarin 2016 adalah Rp 80,000 dan setiap pengunjung akan mendapatkan sampai 3 buah durian dengan rasa yang khas.

Selain menikmati durian khas di festival juga disediakan berbagai hiburan khas daerah serta gunungan makanan tumpeng dari warga yang dapat dinikmati gratis tanpa bayar lagi setalah membayar tiket utama tersebut di atas. Pemerintah Kabupaten Pekalongan selalu mengadakan festival durian lolong setiap tahunnya guna meningkatkan wisata daerah kabupaten Pekalongan.

Tak hanya itu, tempat wisata di Pekalongan tepatnya di Desa Lolong, Karanganyar juga terdapat beberapa objek wisata lain seperti rafting yang terkenal dengan sebutan lolong adventure serta ada juga jembatan batu lolong yang sudah ada sejak jaman dahulu namun masih kokoh, sangat indah ketika berada di atas jembatan menikmati pemandangan alam yang sangat asri serta sungai bebatuan yang masih indah airnya jernih karena jauh dari tercemar limbah pabrik. Untuk menikmati liburan akhir pekan Anda tidak ada salahnya pergi ke tempat wisata desa Lolong kabupaten Pekalongan ini.

8. Wisata Pantai Wonokerto Pekalongan

Tempat Wisata Pekalongan Pantai Wonokerto

Tempat wisata Pekalongan selanjutnya adalah wisata Pantai Wonokerto. Pantai yang terletak di sebelah utara kabupaten Pekalongan ini cukup indah untuk dijadikan tujuan wisata pada akhir pekan. Saat ini tidak ada harga tiket khusus untuk dapat masuk ke area wisata pantai Wonokerto, Pekalongan Jawa Tengah. 

Disana dapat langsung menikmati indahnya sunset atau matahari terbenam kala sore tiba. Pemandangan sunset di Pantai Wonokerto tak kalah dengan sunset Kuta Bali. Umunya para warga sekitar memanfaatkan tempat wisata ini sebagai tempat bersantai bersama keluarga pada sore hari setelah penat dengan kegiatan pekerjaan. 


7. Wisata Curug Muncar

Tempat Wisata Pekalongan Curug Muncar

Tempat wisata di Pekalongan satu ini juga tak kalah menarik dari yang lainnya. Sebuah curug yang terletak di Desa Petung Kriyono menyuguhkan keindahan alam yang masih asri. Wisata air terjun yang ada di Petung Kriyono Pekalongan ini cukup indah sehingga jika Anda berada disana jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kamera untuk dijadikan sebuah kenang-kenangan.

Untuk dapat berada di lokasi wisata Curug Muncar, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Sebuah jalan setapak di hutan yang masih alami harus Anda lalui, namun jika Anda petualang sejati tentu saja hal tersebut akan menjadi perjalanan yang menantang lagi menyenangkan, karena suasana alam pedesaan yang masih alami serta ramahnya penduduk akan membuat kita merasa nyaman dan akan selalu ingin kembali mengunjungi wisata alam curug muncar ini.

6. Pantai Pasir Kencana

Tempat Wisata Pekalongan Pantai Pasir Kencana

Objek wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan ini merupakan destinasi wisata warga sekitar Pekalongan seperti daerah Kandang Panjang, Panjang Indah, Panjang Wetan, Keraton, Kerapyak dikala pagi dan sore hari untuk sekedar melepas penat. Akan tetapi selain itu banyak pula wisatawan luar Pekalongan yang berkunjung kesana pada liburan akhir pekan tiba.


5. Linggo Asri

Tempat Wisata Pekalongan Linggo Asri

Berada di kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Linggo Asri merupakan salah satu objek wisata alam di Pekalongan yang menjadi favorit warga sekitar. Di Linggo Asri terdapat berbagai wisata wahana seperti outbound, kebun binatang, paintball, wisata gajah, bumi perkemahan dan asri nya pemandangan hutan di pegunungan area Linggo Asri.

Udara yang sejuk dan suasa alam yang masih terjaga membuat Linggo Asri memiliki daya tarik yang mampu memikat wisatawan berdatangan kesana. Untuk sampai ke lokasi wisata sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena saat ini belum tersedia angkutan umum. Setiap hari minggu atau libur nasional biasanya di lokasi wisata Linggo Asri sering ada pentas seni dan juga panggung orkes dangdut.

4. Gunung dan Curug Rogojembangan

Wisata Pekalongan Gunung dan Curug Rogojembangan


Untuk dapat menikmati sejuknya udara pegunungan dan asrinya hutan serta air curug yang menyegarkan tidak perlu jauh-jauh. Wisata alam di Pekalongan yang satu ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi.

Adalah  Gunung dan Curug Rogojembangan, keindahannya tiada tara sehingga mampu membius para wisatawannya untuk kembali berkunjung kesana dan menikmati keindahannya. Di area wisata ini banyak terdapat bunga angrek putih serta kantung semar yang tidak mudah ditemukan di alam liar.

3. Curug Bajing

Wisata Alam Pekalongan Curug Bajing

Masih kategori wisata alam di Pekalongan, kali ini adalah Curug Bajing. Nama yang aneh ya, tapi di balik namanya yang aneh dan unik wisata di Pekalongan Curug Bajing memiliki keindahan yang eksotik serta mampu membuat para pengunjung terpukau menyaksikan indahnya air terjun disana.

Curug Bajing terletak di desa Tlogopakis, kec. Petung Kriyono, kab. Pekalongan. Untuk menuju ke tempat ini tergolong menantang, track berliku, naik turun, tikungan tajam, benar-benar menguras tenaga, apalagi jika berboncengan motor, mirip seperti di sirkuit, namun lebih ekstrim karena kiri kanan jurang, melewati hutan lebat yang masih rapat sehingga sinar matahari sedikit yang masuk menyinari, dengan kondisi jalanan yang terkadang mulus, namun juga banyak yang rusak. Untuk menuju curug Bajing dari kota Pekalongan ambil arah ke Kecamatan Doro, sampai di pasar Doro lurus naik terus sampai ke pertigaan, ambil jalan yang ada gerbang selamat datang bertuliskan “Hutan Ekowisata Petung Kriyono”. Setelah itu ikuti saja jalan itu menuju kota kecamatan Petung Kriyono.

Selama perjalanan dari Doro menuju Petung Kriyono kita akan disuguhi hijaunya hutan Petung Kriyono. Dan kita juga akan melihat beberapa air terjun yang ada dipinggir jalan. kalau beruntung kita bisa ketemu monyet yang bergelantungan dipohon (biasanya kalau pagi). Arah Curug Bajing sama dengan Curug Muncar, jadi jika Anda bingung sebaiknya bertanya kepada warga sekitarnya saja. 

Begitu sampai di kota kecamatan Petung Kriyono kita ambil kanan atau arah ke kantor kecamatan Petung Kriyono, sebelum kantor kecamatan ada pertigaan dan kita cukup belok kiri dan ikuti saja jalan itu (kalau ada yang bingung dengan rute yang saya kasih bisa tanya langsung ke penduduk arah menuju curug Muncar, karena curug Bajing satu arah dengan curug Muncar), nanti sebelum sampai di gerbang masuk curug Muncar kita akan menemui tanda menuju curug Bajing yang dibuat wani adventure..Dari kota Pekalongan menuju curug bajing dapat dicapai dengan menempuh perjalanan kurang lebih selama 1,5 jam perjalanan

Dari parkiran, bayar tiket parkir motor 2000, dan mobil 3000, dan tiket masuk per orang 2000... cukup murah kan..

Siapkan kendaraan yang prima, untuk melibas track hutan petungkriyono, hati-hati, ketika di persimpangan atau tikungan, apalagi jika berpapasan dengan roda empat, sebelum berangkat jangan lupa siapkan uang saku dan berdoa. Demikianlah informasi wisata alam Curug Bajing yang ditulis oleh [Sofyan].

2. International Batik Center


Tempat Wisata Pekalogan International Batik Center

Tempat wisata di Pekalongan Jawa Tengah selanjutnya adalah "International Batik Center" yang beralamat di Jl. Ahmad Yani No.573, Pekuncen, Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah. 

International Batik Center (IBC) merupakan sebuah pusat bisnis perdagangan batik di Pekalongan. Disana kegiatan pemasaran batik berlangsung mulai dari skala lokal, regional, nasional hingga internasional atau export.

Jika Anda sedang dalam perjalanan dari Jakarta ke arah Semarang melalui jalur Pantura dan memasuki daerah Wiradesa, Pekalongan tengoklah kesebelah kanan jalan, disanalah gedung IBC berada. Mampirlah untuk sekedar berwisata belanja batik di Pekalongan.

1. Museum Batik Pekalongan

Tempat Wisata Pekalongan Museum Batik

Tempat wisata Pekalongan nomor satu adalah "Museum Batik Pekalongan", kenapa penulis posisikan tempat wisata ini nomor satu, karena kita tidak boleh melupakan sejarah seperti Bung Karno bilang "Jas Merah". Jadi di area wisata museum batik Pekalongan tersimpan berbagai jenis Batik yang ada di Pekalongan maupun daerah Indonesia lainnya. Melalui museum ini semua sejarah tentang Batik akan selalu dikenang hingga anak cucu. 

Museum Batik Pekalongan adalah museum batik yang beralamat di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan, Jawa Tengah. Koleksi batik yang dimiliki Museum Batik Pekalongan saat ini adalah sebanyak 1149 jenis batik, dan salah satunya adalah wayang beber dari kain batik yang berusia ratusan tahun dan alat tenun tradisional atau dikenal sebagai alat tenun bukan mesin (ATBM). 

Jika malam hari tiba di sekitar Museum atau sekeliling Lapangan Jetayu dipenuhi warna-warni lampu hias dari kendaraan wisata seperti mobil kayuh, sepeda dan becak dengan hiasan yang unik. Selain itu ada juga berbagai kuliner tersedia di sepanjang jalan karisidenan atau samping Kantor Pos sampai ke depa Pengadilan Negeri Pekalongan. Bagi Anda para pecinta wisata kuliner Pekalongan disitulah tempatnya kuliner murah dan enak untuk mampir jika sedang berkunjung ke Museum Batik.

Di tengah lapangan Jetayu terdapat sebuah patung bertulisakan BATIK, dengan corak dan warna nya adalah batik, cocok sekali untuk berfoto dan dijadikan kenangan bahwa Anda pernah berkunjung ke Museum Batik Pekalongan. Selain itu disekitar lokasi Museum terdapat dua tempat ibadah Masjid dan Gereja sehingga memudahkan para wisatawan untuk melakukan ibadah.  

[roz]

1 comments so far

Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
Explore Indonesia


EmoticonEmoticon